Belajar Demokrasi, Pemilihan Ketua Osis SMA IT YABIS Seperti Pemilu

Panitia Pelaksanaan Pemilihan Osis SMA IT YABIS Tengah Menghitung Surat Suara yang Telah Masuk. (Foto: Andry Adhi Nugraha)


yayasanyabis.or.id - SMA IT YABIS menggelar pemilihan ketua OSIS masa bakti 2019-2020 dengan sistem seperti pemilihan umum (Pemilu), Senin (2/9). Kegiatan yang digelar di Halaman Sekolah  ini bertujuannya, untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang tata cara pemilu bagi para siswa.

Kegiatan ini mendapatkan apresiasi dari Yayasan Yabis Bontang. Nampak  hadir dalam prosesi tersebut Kabid Dikdasmen Yayasan Yabis Yenindarti, M.Pd. Sejumlah properti KPU seperti bilik suara dan kotak suara dipinjamkan pada proses pemilu ketua OSIS tersebut.

Sebelum mencoblos, ratusan siswa nampak mengantre untuk menyerahkan undangan pencoblosan yang diterima dari kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS). Setelah menyerahkan undangan, para siswa mendapatkan surat suara. Isinya adalah foto kandidat, lalu para siswa pun menuju bilik suara untuk melakukan pencoblosan.

Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara. Sebelum meninggalkan lokasi pemungutan suara, KPPS memberikan tanda berupa tinta di tangan pemilih agar tidak ada yang memilih lebih dari satu kali.

Kepala SMA IT YABIS Bontang, Badaruddin, S.Ag mengatakan pemilihan Ketua OSIS layaknya Pemilu merupakan kegiatan rutin yang sudah digelar oleh SMA IT YABIS. Tujuannya memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu.

“Kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan proses pemilihan”, kata badaruddin.

Setelah itu, kata badaruddin dilanjutkan dengan penghitungan suara oleh para petugas TPS disaksikan oleh saksi. Setelah surat suara dihitung, hasilnya dapat dilihat hari ini juga.

Sementara itu, Humas Yayasan Yabis mengapresiasi pelaksanaan pemilihan ketua OSIS SMA IT YABIS. Melalui pemilihan ini maka semua siswa akan terlibat dalam pesta demokrasi tingkat sekolah.

Ahmad mengatakan kagum, ketika Ia bertanya kepada para siswa, akan memilih yang ganteng atau cantik? Kemudian mereka jawab yang terpenting visi misinya Pak. “Ini lah demokrasi, mudah-mudahan adanya pemilihan seperti ini memberikan pemahaman kepada mereka, apalagi menjelang proses dalam Pilkada”, pungkas Ahmad.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.